Monday 27 June 2016

Alat genetalia Wanita



Genetalia pada wanita dibagi menjadi dua bagian, yaitu :
1)            Alat genetalia luar (vulva), terdiri dari :
a)            Tundun (monsveneris), bagian yang menonjol meliputi simpisis yang terdiri dari jaringan dan lemak, area ini mulai ditumbuhi bulu pada masa pubertas.
b)            Labiya mayora (bibir besar), dua lipatan dari kulit diantara kedua paha bagian atas labiya mayora, banyak mengandung urat saraf.
c)            Labiya minora (bibir kecil), berada sebelah dalam labiya mayora.
d)           Klitoris (klentit), sebuah jaringan ikat erektil kecil kira-kira sebesar kacang hijau dimana dapat mengeras dan tegang (erektil) yang mengandung urat saraf.
e)            Vestibulum (serambi), merupakan rongga yang berada diantara bibir kecil (labiya minora), muka belakang dibatasi oleh klitoris dan perineum, dalam vestibulum terdapat muara-muara dari : Liang senggama (introetus vagina), Uretra, Kelenjar bartoloni dan Kelenjar skene kiri dan kanan
f)             Himen (selaput dara), lapisan tipis yang menutupi sebagian besar dari liang senggama, tengahnya berlubang supaya kotoran menstruasi dapat mengalir ke luar, letaknya mulut vagina pada bagian ini bentuknya berbeda-beda, ada yang seperti bulan sabit, konsistensi ada yang kaku dan ada yang luka, lubang ada yang seujung jari, ada yang dapat dilalui satu jari.
g)            Perineum (kerampang), terletak diantara vulva dan anus panjangnya lebih kurang 4 cm.
Gambar 2.1
Genetalia Eksternal Wanita








Sumber : (Syaifuddin, 1997 : 113)

2)            Alat genetalia dalam terdiri dari :
a)          Vagina (liang kemaluan)
Tabung yang dilapisi membran dari jenis epitelium bergaris khusus dialiri oleh banyak pembuluh darah dan serabut saraf. Panjangnya dari vestibulum sampai uterus 71/2 cm. Merupakan penghubung antara introitus vagina dan uterus. Dinding depan liang senggama (vagina) 9 cm, lebih pendek dari dinding belakang. Pada puncak vagina menonjol leher rahim (servik uteri) yang disebut porsio. Bentuk vagina sebelah dalam berlipat-lipat disebut rugae.
b)          Uterus (rahim)
Organ yang tebal, berotot, berbentuk buah pir, terletak di dalam pelvis antara rectum di belakang dan kandung kemih di depan, ototnya disebut miometrium. Uterus terapung didalam pelvis dengan jaringan ikat dan ligament. Panjang uterus + 71/2 cm, lebar 5 cm, tebal 21/2 cm, berat 50 gr. Pada wanita dewasa yang belum menikah (bersalin) panjang ut

No comments:

Post a Comment