Monday 27 June 2016

Dampak post partum ekstraksi vakum terhadap kebutuhan dasar manusia



           Dampak post partum ekstraksi vakum terhadap kebutuhan dasar manusia
a.         Aktivitas
Akibat klien mengalami proses persalinan dengan bantuan ekstraksi vacum dan terdapat luka episiotomi, klien merasa nyeri bila harus bergerak, serta klien kesulitan untuk bergerak karena adanya edema pada ekstremitas
b.        Personal hygiene
Akibat adanya luka episiotomi menyebabkan klien merasa kesakitan sehingga sulit untuk bergerak, karena itu klien tidak dapat membersihkan dirinya sendiri akibatnya badan klien kotor, daerah vulva dan perineum kotor.
c.         Rasa nyaman
Karena adanya luka episiotomi yang menyebabkan terputusnya kontinuitas jaringan sehingga merangsang pengeluaran zat proteolitik sebagai neurotransmiter yang akan menghantarkan impuls nyeri mengakibatkan klien merasa nyeri.
d.        Istirahat tidur
Adanya nyeri luka episiotomi menimbulkan rangsangan yang terus menerus terhadap RAS, maka klien akan terjaga dan kebutuhan istirahat tidurnya akan terganggu atau tidak terpenuhi.

e.         Eliminasi
Adanya adaptasi dari sistem pencernaan pasca persalinan yaitu minggu pertama biasanya terjadi penurunan motilitas usus, perasaan tidak nyaman pada perineum dan karena adanya luka episiotomi maka klien menjadi takut untuk berjongkok dan mengedan karena cemas jahitannya akan terbuka, sehingga sering menyebabkan terjadinya konstipasi.

No comments:

Post a Comment